The Rain under the Sun

Gue, untuk ke sekian kalinya nangis pas bangun tidur. Tapi ga ada emosi. Mata gue berair, atau dada gue juga ga sakit. Terus gue liat jam di hp udah jam 9.12. Sebentar gue diem, mikirin kenapa gue nangis. Akhirnya gue makin nangis. Tapi yang ini beneran. Awalnya sih dari kemaren pas gue sama temen-temen KKN gue ke Bogor buat ngehadirin nikahannya temen KKN gue yang lain. And in Sunday morning tears are falling.

Di perjalanan kemarin, terutama di tol, kita cerita-cerita nostalgia gitu soal KKN. Waktu itu kita kerjaannya apa, sukanya apa, daaan sebagainya. Terus, gue engga tau sih siapa yang mulai duluan. Yang gue inget sih si Hadi bilang “Yailah urang inget, kan urang yang biasa beli buat (siapa gitu gue lupa) sama almarhumah.” Nah yang patut digarisbawahi itu kata yang terakhir “almarhumah”. Gue masih engga cocok sama kata itu. Jadi salah satu temen kita, namanya Gyska, dia meninggal kerena kecelakaan beberapa bulan yang lalu. Tapi tetep aja yang jadi ganjelan buat gue itu ya si “almarhumah”nya itu loh. Soalnya pas kita berangkat ke Bogor itu, apa yang gue rasain itu kaya “Oh si Gyska ga bisa ikut ya” yang mana perasaan gue itu sama kaya “Oh si Gyska lagi engga bisa ikut”. Tapi kenyataan yang gue baru sadarin itu “Oh si Gyska udah ga bisa ikut ”.
Seperti biasa, gue engga inget mimpi gue dimulai dari mana. Yang gue inget sih ya, disana, yang gue kenal itu ada temen SMA gue, si Ratu, sama Gyska. Kalo ga salah sih ya, settingan tempatnya itu semacam pesta yang dimana semua orang itu ngumpul buat datang. Ditambah ada semacam pertunjukan sedih yang seolah-olah bisa buat penonton sedih juga. Nah gue itu jadi salah satu pemaennya.

Sampe akhirnya, dalam pertunjukan itu, gue sama beberapa pemaen lain disuruh masuk ke sebuah pintu mobil gitu terus keluar disisi mobil yang lainnya sambil ada orang yang bacain puisi ngiringin gue. Keluar dari mobil gue langsung ke bawah panggung. Disana gue keliling-keliling aja buang waktu. Eh engga gue sangka gue ketemu Gyska. Kita duduk ngoborol. Dia yang banyak ngomong, gue banyak dengerin. Sampe akhirnya gue sadar kalo Gyska itu udah meninggal, semua pikiran gue langsung terfokus bukan kepada apa yang dia ceritain ke gue, tapi ke wajahnya. Seolah-olah tatapan mata gue itu bilang “Hai Gyska, engga nyangka yah sekarang kamu udah engga ada. Disini aku kehilangan temen loh. Kemaren kita abis dari Bogor loh ke nikahan Nadia, kamu ga bisa ikut.”

Dia masih ngomong, gue juga masih ngomong dalam pikiran gue. Ada satu yang nyentak di pikiran gue “Ratu juga ga ikut!”. Terus langsung gue inget. Ratu! Di tengah Gyska yang masih cerita, gue berdiri, gue nyari Ratu. Ketemu, di belakang. Gue panggil-panggil dia engga mau nengok. Sampe akhirnya ada orang yang mau nyolek dia. Si Ratu akhirnya nyamperin gue sama Gyska. Langsung gue suruh dia duduk di sebelah Gyska. Akhirnya gue liat mereka berdua di depan gue, lagi. Mata gue udah mulai berkaca-kaca.


Semuanya masih di dalem mimpi dan gue sadar kalo ini engga mungkin kejadian di dunia nyata. Lumayan lama sih gue liatin mereka berdua. Gue kangen liat kalian barengan berdua. Kalian kan sahabat sejati. Gue bisa rasain itu. Kalian se fakultas, jurusan, bahkan kosan. Gue juga masih inget pas penjemputan jenazah si Gyska, si Ratu bahkan engga nangis. Gue tau dia nahan-nahan, tapi gue juga tau kalopun dia nangis berlebihan engga akan ada gunanya juga. Begitu gue sampe di ruang jenazah aja, dia senyum pas pertama liat gue. Subhanallah, jadi gue yang nangis.

Balik lagi ke mimpi gue. Mereka pun akhirnya ngerasa kikuk pas gue liatin mereka berdua. Terutama si Ratu yang ngerasa buat apaan gue manggil dia cuma buat gue liatin doang. Sebenarnya kata-kata dipikiran gue itu banyak. Gue pengeeen banget bilang ke si Ratu kalo Gyska itu udah meninggal. Ya kali gimana coba.

Lama gue berfikir, akhirnya refleks gue ngambil tangan si Gyska terus gue taro di atas tangan si Ratu diatas meja. Sekarang mereka pegangan tangan. Mereka tambah celingak-celinguk liatin gue. Tapi gue seneng. Entah seneng karena gue udah lama engga liat mereka pegangan tangan, atau seneng karena gue sadar mereka pegangan tangan untuk yang terakhir kalinya, di depan mata gue. Pengen lagi disana gue bilang ke si ratu “Tu, si Gyska udah meninggal, lo engga mau meluk dia, cium dia, atau ketawa bareng dia seengaknya untuk terakhirkalinya depan gue?”, tapi masih cuma di kepala gue doang.

Gue pun mulai nangis. Kali ini sampe netes-netes air matanya. Tiba-tiba  gue dipanggil orang buat naek lagi ke atas panggung. Gue pun berdiri ninggalin mereka ke atas panggung. Sempet gue nengok ke belakang ke arah mereka yang masih bingung, tapi tangan mereka masih pegangan. Gue pun tersenyum lanjutin jalan ke panggung sambil ngusap-ngusap air mata gue.

Acara pertunjukan pun selesai. Gue turun panggung banyak dapet pujian dari temen-temen gue. “Eh gila lo jago banget bro sampe nangis”, gue bales senyum sambil bilang “Iya, gue menghayati.” Terus udah deh gue kebangun.


Sebenernya sih gue mau ceritain apa yang gue mimpiin itu ke semua orang. Ke cewe gue, terus temen-temen KKN gue, termasuk ke si Ratunya. Tapi yaa gimana. Sebenernya sih kalo buat engga bilang ke Ratu sih mungkin lebih ke karena biar dia engga sedih nginget lagi memori tentang Gyska. Kan kasian juga dia. Tapi kalo ke yang lain gue lebih ke engga mau terlihat lemah dan lembut aja sih di depan mereka. Hahaha. Apalagi kalo gue cerita ke cewe gue. Jadi, writing is always be my best choice here. 

Comments